Sabtu, 19 Februari 2011

Mengajar Penjas yang Ilmiah

MENGILMIAHKAN PEMBELAJARAN  PENJAS.  haruskah?



tujuan pembelajaran penjas adalah  agar anak memiliki keterampilan gerak yang memadai.
Keterampilan gerak merupakan kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh siswa sebagai bekal dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
Apabila seorang anak mempunyai keterampilan gerak yang baik, maka dia mempunyai kesempatan yang besar untuk dapat menguasai
kecakapan hidup yang dibutuhkan.
Rekan-rekan guru Penjas seluruh dunia yang saya hormati, melalui tulisan ini saya tidak bermaksud untuk “mengajari berenang kepada angsa”, saya hanya ingin berbagi pengalaman saja setelah saya di supervisi oleh pengawas dari dinas.
saat di supervisi,  sedang mengajar materi tolak peluru gaya menyamping dan gaya O’brien, seperti biasa..sebelum siswa melakukan teknik tolak peluru (shot put), saya berikan tutorial teknik gerakan tolak peluru yang benar, saya memberikan contoh gaya menyamping dan O’brien. saya  jelaskan kepada murid-murid saya bahwa pada gaya menyamping badan di miringkan dulu, lalu gerakan langkah kaki menyamping/step dengan cepat lalu menolak peluru. saya jelaskan kenapa badan kita harus condong terlebih dahulu??? alasannya adalah agar memperolaeh gaya dorong yang besar untuk membantu tolakan.kalau tidak dimiringkan  maka powernya kurang.Badan miring ibarat pegas yang di tarik lalu dilepaskan….akan menimbulkan daya dorong yang kuat. itulah pernjelasan” ilmiah” mengenai teknik tolak peluru gaya menyamping.
Ilmiah yang dimaksud disini adalah…bersifat ilmu; secara ilmu pengetahuan; memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan.meng·il·mi·ah·kan v menjadikan ilmiah atau bersifat ilmu; mengilmukan.
penjelasan demikian mungkin bagi kita guru penjas merupakan hal yang sepele atau biasa, tapi bagi siswa penjelasan demikian akan memperjelas mereka mengenai tujuan pembelajaran penjas yang mereka lakukan. Pelajaran penjas bukan semata-mata menyuruh anak bergerak dan mengeluarkan keringat, tapi pelajaran penjas adalah pelajaran mengenai “mempelajarai gerakan yang benar”, motivasi dan juga pelepasan ketegangan, sehingga pelajaran penjas akan lebih disukai oleh siswa.

Tidak ada komentar: