Minggu, 22 April 2012

Eksotisme Gedung BPN Bogor



Bogor adalah kota tua..siapa yang tak mengenal Bogor yang pada zaman nenek kita belum lahirpun kota ini menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Pajajaran yang disebut Pakuan. Sebagi bagian dari Republik Inonesia, Bogor tak luput dari tangan penjajah Belanda. So..sudah tentu banyak peninggalan kolonial yang tersisa menjadi saksi bisu perjalanan dari bekas sebuah ibokota kerajaan nan masyhur ini. Eh…ntar dulu…negara kita gak cuma dijajah Belanda, sebelumnya Portugis pun pernah mengacak-acak Republik ini, tak ketinggalan negara Oshin pun menancapkan tangan serakahnya ….
Naaaahhhh yang namanya juga iseng..penulis baru selsai pulang fitness, ngelamun kayaknya…tiba-tiba di jalan Si Jalak Harupat , tepatnya di pertigaan jalan sempur dan Si Jalak Harupat mata saya tertarik untuk memotret salah satu banguan kolonial yang cukup unik bentuknya..bahkan cenderung eksotis..dan kagum pada kekuatan bangunan ini, entah peninggalan Nenek Moyang David Beckham atau peninggalan nenek moyangnya Van Der Saar ? yang jelas bangunan tersebut mencirikan bangunan kolonial.

Gedung kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Bogor
Itulah bangunan sisa kolonial yang masih terawat dan bahkan masih dipakai  sebagai kantor Badan Pertanahan Nasional kota Bogor. Perhatikan betapa detailnya bentuk arsitektur tersebut, atapnya tak biasa..berbentuk bulan seperti bagunan Observatorium Boscha di bandung, atau seperti puncak Gunung Tampomas di Sumedang….hahahah ngelantur ya pengamatannya..kok nyambung ke gunung?  hadeuhh dasar orang gunung.. ya deh…maaf, kalau ada waktu mungkin penulis akan tanya pada pengelola gedung mengenai sejarah  gedung tersebut. ok deh..sampai jumpa lagi di Bogor Heritage Berikutnya……

Tidak ada komentar: