Minggu, 24 Februari 2013

Arung Jeram di Sungai Cisadane


a5
Mendengar 2 kata “Arung Jeram” mungkin bagi anda sudah tak asing lagi, Arung jeram bisa dikatakan olahraga alam, karena memang kegiatannya di alam ( sungai) dan menggunakan otot-otot besar dalam aktifitasnya. Kata Arung Jeram berasal dari 2 kata yaitu ” Arung” dan ” Jeram”. Arti kata ” Arung” yaitu mejelajahi, menempuh dengan kesukaran dan ” Jeram” berdasarkan kamus bahasa yaitu aliran air yang deras dan menurun ( air terjun di sungai ). Jadi pengertian arung jeram adalah kurang lebih “kegiatan mengarungi arus sungai yang deras dengan penuh perjuangan menghadapi segala tantangan dan kesulitan yang dihadapi di sungai yang diarungi….begitulah kira-kira…setujuuu tidakkkk??? hehehe….
Sabtu, 23 Pebruari 2013 saya dan 9 orang anggota Pencinta Alam Giriwana SMA Plus YPHB mengadakan kegiatan Arung Jeram di sungai Cisadane. Awalnya anggota yang mau ikut cukup banyak..namun dengan berbagai alasan and finally…ngan satengahna yang ikut…..nyaris gak jadi…tapi saya tetap bersikukuh…kita tetap berangkat mas bro….saeutik nu penting mahi….jangan di undur lagi…..susah lagi cari waktu kegiatan di alam bebas….
Berangkatlah kami dari sekolah pukul 9…janjian pukul 8…karetttttt kolor pisan Indonesia mah sodara-sodara….  tiba di rumah alfi di ciherang pukul 10.00 wakti Ciherang, cuaca waktu itu mendukung….namun mendung bergelayut…harap-harap cemas juga nih…takut banjir…..pas Tiba di rumah Alfi…waoooww…tuh rumah gede banget…katanya sih ada ruang bawah tanah juga….. di ruang depan sudah di sediakan makanan poengganjal perut khas Indonesia..Onde-onde dan Buras…mantabss…habis 2 buaras dan 2 Onde-onde saya….. tak lama duduk duduk di teras depan rumah alfi…seorang Guide dari pengelola Rafting datang dan komando dia ambil alih…kita langsung disuruh untuk ganti baju dan celana…gak boleh pake bahan jeans….sendal boleh dipake resiko hilang hanyut di air sendalnya tangungjawab sendiri hehehe…
Langsung setelah ganti baju siap basah…kita membentuk lingkaran dan melakukan stretching…lalu Instruktur Rafting memberikan sedikit pengarah dalam menggunakan alat dan dayung serta lainnya….tak lama kemuadian beragkattttt kita dengan menaiki kendaraan bak terbuka menuju Sungai Cisadane… hanya butuh waktu 5 menit untuk sampai ke Starting point..disana sudah menunggu 3 perahu karet… 2 untuk kami dan 1 perahu untuk tim rescue….
A4
Jreng..jreng petualangan di mulai…..majuuuuu….kiriii..kanan mendayung…..aliran sungai di starting point ini masih tenang…disini guide yang duduk paling belakang mencoba menerapkan apa yg tadi di jelaskan…kiri maju kanan mundur….maka perahu pun jadi berputar ke kiri… kiri mundur kanan majuuuu…maka perahu berputar kek kanan….stop…dayung di angkat…..bomb…..kami harus merunduk …kalau gak mau leher putus kesabet pohon dan ranting pohon yang menjuntai ke sungai heheh…..lalu majuuuuuu…kami mendayung bersama….huhhh peluh mulai mengucur…..bener bener asoyyyyy….bener-bener olahraga nih namanya…..
jeram demi jeram kami lalaui…..hujan pun deras mengiringi perjalanan kami..antara rasa seru dan was-was..kami terus mendayung seirama….seru karena berhasil melalaui jeram-jeram dahsyat…..dan sulit…was-was karena hujan turun berarti bisa saja di hulu sungai banjir…ini yang bahaya kata guide…kalau banjir arus sungainya dari bawah….perahu bisa tak tterkendali….widihhhh sereemmmmmmm….
yang paling seru sih di jeram yg ketiga perasaan…posisi saya dan yudha di paling depan…jeram itu mengalir menabrak dinding cadas yang menceruk….seperti goa…otomatis perahu menabrak diding cadas brakkk. hidup perahu karet mneyelusup ke cerukan cadas,,,dan mukaaaaaaa…saya sama yudha nyaris hancur…3 cm depan cadas keras itu,…..Masya Alloh…sensasional…gilaaaaa…..hahahhaa…. lalu perintah mundurrr… dayung pun di kayuh mundur..lepaslah dari cerukan batu cadas itu… majuuuu lagiiiii…mantaaabss…. Jeram 80 derajat di depan sudah menunggu…. what 80 derajat…iyalah…bendungan….persis 80 derajat berarti kali ini perahu dan segala isinya bakal terjun bebas….bumb….. air mulai tenang…mengalir..saya bilang ke anak-anak,,,,kalian tau tidak kenapa aliran sungainya jadi tenang….?? gak tau pak…. kita akan melaeati bendungan….kita akan meluncur 80 derajat ke bawah…..waaaaaaaaaaaaaaaahhh anak-anak histeris hahahah…
a6
Jeram 80 derajat dilewati dengan sempurna…hmm nyaman banget terjun 80 derajat sumpahhh…hahaha…..rasakan deh….gak bohong… wahhh dah panjang nih tulisan…dah dulu ya nanti disambung lagi….pokoknya puas banget  ber arung jeram di Cisadane….  sampai Finish di sekitar rancamaya…kami lanjutkan ke Villa milik pengelola arung jeram….aduhai vilanya mantabsss….makanan pun yag disediakan lenyap berpindah ke perut… da lapar tea…. hahaha….

Tidak ada komentar: