Minggu, 17 Februari 2013

Bogor Belum Memiliki Jalur Sepeda

Bersepeda atau naik sepeda buat saya bukan hal yang baru, dari kecil saya sudah bersepeda bahkan hingga Tamat SMA saya selalu mengendarai sepeda ke sekolah. Selepas SMA saya melanjutkan pendidikan di kota Kembang, mulai saat itulah saya sudah tidak bersepeda lagi. Di saat usia sudah merangkak tahun ke 37 dimana kondisi tubuh sudah mulai merasakan keluhan-keluhan saya mengambil tindakan untuk bersepeda lagi. Kini di Kota hujan saya tinggal karena pekerjaan. Saban hari sabtu atau minggu saya sempatkan bersepeda mengelilingi kota Bogor, dari kebiasaan lama yang baru saya jalani kembali inilah saya mendapatkan banyak hal, mulai dari dari mendapatkan teman baru yang bersepeda, tukang bengkel sepeda, lebih mengenali sudut-sudut kota Bogor beserta kehidupan masyarakatnya. 

Ada hal lain yang membuat sedikit tidak nyaman kalau bersepeda di Kota, yaitu rasa aman. Aman bersepeda dalam hal ini, Dimana dengan Kondisi dan situasi lalu lintas Kota Bogor yang terkenal dengan Kota sejuta angkot ( karena saking banyaknya angkot di Kota Bogor) saya perlu ekstra hati-hati. terutama saat berkendara di pusat kota, Angkot, Bus, kendaraan roda empat pribadi beserta motor kadang sedikit tak melihat pengendara bersepeda. Seperti di jalan Surya Kencana, jalan ini jalan satu arah menuju Batu Tulis tapi banyak sekali pengendara sepeda motor yang mengambil jalan sebelah kiri sehingga kalau kita tidak hati-hati bisa tabrakan, mungkin tujuan pengendara motor tersebut hendak ke pasar bogor.

Mejeng di BNR
Tidak hanya di jalan satu arah, kadang di jalan -jalan lainnya juga seperti di jalan Pajajaran sepanjang warung Jambu sampai Botani Square keselamatan bersepeda terancam, begitu mepetnya kendaraan-kendaraan bermesin yang lebih besar dan kuat ke arah kiri jalan...tak ada pilihan lain untuk sepeda kecuali..mingiiiiirrrr....kalau tidak mau kesrempet.

Komunitas pengendara bersepeda di Kota Bogor sebenarnya sudah banyak, sebut saja " komunitas Bike to work" , " bike to school" atau komunitas bersepeda lainnya yang bertujuan untuk  berolahraga . Komunitas bersepeda jelas telah membantu program pemerintah untuk mengurangi polusi dan kemacetan sudah semestinya pemerintah Kota Bogor menyediakan fasilitas " Jalur Sepeda" tidak cuma jalur " Car Free Day", seperti di kota-kota lainya semisal di Bandung , pemkot Bandung telah membuat jalur sepeda demi kenyamaan pengguna sepeda. Gambar di bawah ini salah satu jalur sepeda yang sudah ada di kota Bandung. Bogor ...iraha nya???


Jalur Sepeda di Jalan Aceh Kota Bandung

Tidak ada komentar: